Upacara bendera



dok,goole

Upacara bendera hari senin, adalah salah satu kegiatan rutin yang wajib di lakukan pada hari senin pagi di mulai dari pukul 07.00 – 08.00 di berbagai istansi pemerintahan, salah satunya adalah sekolah, mulai dari SD,SMP sampai SMA baik negeri maupun swasta. Saat SMA namanya upacara bendera itu saya rasakan ketika kelas XII/3. Bukanya kelas X/10 dan XI/11 malas ke sekolah buat ikut upacara bendera tapi saat itu saya sekolahnya masuk siang jadi ngak  di wajibkan untuk ikut upacara. Bersukur juga saat itu sekitar 2 tahun ngak pernah ikut upacara,,hehehehe. Dan Saat kuliah namanya upacara hari senin itu ngak pernah ada seperti saat sekolah dulu.
Dan ketika saat melaksanakan praktik pengenalan lapangan (PPL II) saya mendapatkan tugas di salah satu sekolah di kota baubau yaitu SMA NEGERI 5 BAUBAU. Jadi yang namanya upacara bendera hari senin mesti saya ikuti kembali. Senin 28 januari 2013 adalah hari yang paling berkesan dan tidak telupakan di mana saya menggikuti upacara bendera pertamakalinya setelah 2 tahun setegah tidak melaksanakan kegiatan tersebut selepas lulus SMA. Kenapa berkesan buat saya karna saat itu hadir bukan sebagai pelajar/siswa seperti yang saya jalani semasa sekolah tapi sebagai peserta didik dan berbaris sejajar dengan para dewan guru di tempat yang telah di tentukan. Untuk upacaranya sendiri masih seperti upacara-upacara sebelum-sebelumnya dimana petama pembina upacara memasuki lapangan upacara, terus penaikan bendera di ikuti lagu indonesia raya, dan proses-proses selanjutnya, walau banyak siswa yang terlambat saat itu tapi upacara berjalan dengan hikmat dan lancar. Amanat yang di bawakan pembina upacara saat itu bertema olaraga di mana di dalamnya memberikan motivasi kepada seluruh peserta upacara khususnya siswa agar dalam melakukan pertandingan harus dengan sportif bukan dengan bermain curang, karena saat itu SMA NEGERI 5 BAUBAU  di berikan kesempatan menjadi tuan rumah dalam event sepak bola yang di ikuti oleh seluruh SMA,SMK,MA negeri maupun swasta. se kota baubau. 
Setelah pembina upacara memberikan amanat dan di tutup dengan acara doa maka berakhir sudah upacara pada hari itu.
“Senin 28 Januari 2013 adalah hari yang begitu berkesan dan tidak terlupakan bagi saya karna menghadiri upacara bendera di sekolah yang belum saya datangi sebelumnya,dan masih baru buat saya dan menjadi peserta upacara yang berbaris bersama di barisan dewan guru, thanks to SMA NEGERI 5 BAUBAU”
(Mari kita budayakan upacara bendera, selagi masih muda kalau bukan kita yang laksanakan siapa lagi?)

Comments